PPM KOTA LANGSA Bantu Veteran Pahlawan

LANGSA-SITUS BERITA RAKYAT ACEH.COM -Dalam rangka memperingati hari Pahlawan, pengurus Pemuda Panca Marga (PPM) Kota Langsa melakukan kegiatan amal dengan menyantuni para Veteran pahlawan pejuang kesuma bangsa yang ada di Kota Langsa di kantor veteran jalan A.Yani, Langsa Kota, Rabu (10/11).

“Mereka adalah para pahlawan yang masih tersisa, sumbangsih yang diberikan dalam memerdekakan bangsa ini adalah jasa yang sangat berharga dan tidak bisa dibalaskan dengan materi apapu, maka sudah selayaknya di hari pahlawan seperti ini pada pejuang kesuma bangsa ini mendapatkan perhatian yang lebih atas jasa-jasanya, ” demikian seru Ketua PPM Kota Langsa, H. Jauhari Amin, SH, MM di hadapan para veteran di Markas Cabang Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di Jalan A. Yani, Langsa.

Diampingi Kasdim Mayor Inf Nico dan Pasimin Kapten Inf M Kaoy, Jauhari yang juga Ketua Koni Kota Langsa, menerangkan bahwa LVRI sebuah organisasi yang menghimpun para mantan pejuang bangsa. Berdasarkan UU No. 7 Tahun 1967, negara perlu memberikan penghargaan kepada mereka yang telah menyumbangkan tenaganya secara aktif atas dasar sukarela dalam ikatan kesatuan bersenjata baik resmi maupun kelaskaran dalam memperjuangkan, membela dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tercinta.

Dalam Undang-undang juga disebutkan bahwa Veteran Republik Indonesia adalah Warga Negara Republik Indonesia yang ikut secara aktif dalam suatu peperangan membela kemerdekaan dan kedaulatan Negara Republik Indonesia menghadapi negara lain.

Juga mereka yang ikut dalam masa revolusi fisik antara 17 Agustus 1945 sampai 27 Desember 1949 untuk mempertahankan NKRI, ikut aktif dalam perjuangan pembebasan Irian Barat melakukan Trikora sejak 10 Desember 1961 sampai dengan 1 Mei 1963, dan yang ikut melakukan tugas Dwikora langsung secara aktif dalam operasi-operasi/pertempuran dalam kesatuan-kesatuan bersenjata.

Menurut UU No. 7/1967 juga semua veteran yang telah disahkan memperoleh gelar kehormatan Veteran Republik Indonesia dan berhak dan wajib menjadi anggota Legiun Veteran Republik Indonesia yang merupakan satu-satunya organisasi massa Veteran.

Karenanya, dengan moment hari pahlawan ini PPM ingin menyerahkan kado bagi pahlawan dengan sedikit sumbangan biaya kelengkapan administrasi LVRI Cabang Markas Aceh Timur. “Kami tak bisa memberikan jumlah yang banyak, tapi kepedulian sebagai anak, ini yang dapat kami buktikan,” demikian Jauhari. (dai)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s