HUT PPM Jabar Tahun 2008

31 Januari 2008 07:10:29 WIB Disadur dari : http://www.tniad.id

PANGDAM III/SILIWANGI MAYJEN TNI SUROYO GINO HADIRI APEL BESAR DALAM RANGKA PERINGATAN HUT KE-27 PPM JAWA BARAT

Peringatan hari jadi atau hari ulang tahun organisasi PPM tahun 2008 merupakan moment penting yang penuh makna. Selain bermakna historis sebagai titik awal lahir dan berdirinya sebuah organisasi, sekaligus bermakna pula sebagai sarana yang efektif untuk menumbuhkan semangat jiwa korsa dan membangun soliditas organisasi, sehingga memiliki kepedulian sosial terhadap masyarakat yang masih memerlukan perhatian kita bersama. Demikian dikatakan Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Suroyo Gino pada Apel Besar dalam rangka peringatan HUT Ke-27 Pemuda Panca Marga Tahun 2008, bertempat di Gazibu Jl. Diponegoro Bandung hari Rabu (30/1).

Menurut Pangdam, sudah seharusnya hari ulang tahun organisasi Pemuda Panca Marga diisi dengan berbagai macam kegiatan sosial diantaranya bedah rumah, pengobatan massal, sepak bola junior dan lomba nyanyi lagu-lagu perjuangan, disamping upacara seremonial seperti apel besar yang kita laksanakan hari ini. Melalui apel besar ini, diharapkan Pemuda Panca Marga dapat memahami dan menghayati keberadaan organisasi dalam dinamika pembangunan bangsa dan negara sesuai visinya yaitu : Mewujudkan Pemuda Panca Marga menjadi organisasi pemuda yang mandiri, unggul dan modern, berlandaskan nilai-nilai jiwa semangat perjuangan 1945.

Oleh sebab itu, sangat tepat apabila Pemuda Panca Marga dalam peringatan hari ulang tahun sekarang ini melakukan evaluasi dan instrospeksi terhadap perjalanan organisasi yang telah dilaluinya selama ini, minimal dalam kurun waktu satu tahun ke belakang. Segala keberhasilan organisasi yang telah dicapai perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Sementara setiap kekurangan, kendala dan kelemahan yang masih ditemui hendaknya dijadikan bahan acuan untuk diperbaiki dan disempurnakan, sehingga dalam menyongsong tugas selanjutnya Pemuda Panca Marga lebih aplikatif dan berhasil dalam mengaktualisasikan visi dan misi organisasi, kata Pangdam.

Pemuda Panca Marga sebagai bagian organisasi masa kepemudaan memiliki peran dan tugas yang menentukan dalam pembinaan generasi muda. Potensi generasi muda, khususnya para pemuda yang secara kuantitas jumlahnya cukup besar merupakan lahan subur untuk dibina dan dikembangkan menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas dimasa depan. Hal ini berarti pula bahwa organisasi Pemuda Panca Marga yang menghimpun potensi putra-putri, anak cucu dan keturunannya dari para veteran pejuang bangsa harus menjadi lokomotif terdepan dalam meningkatkan kualitas organisasi kepemudaan. Pemuda Panca Marga telah memiliki visi yang lebih tajam dalam menatap tantangan pembangunan bangsa dimasa depan dan dituntut mampu mengaktualisasikan dalam misi keorganisasiannya secara nyata, konsisten dan bertanggungjawab.

Sementara itu, dalam kapasitasnya sebagai keluarga besar TNI, Pemuda Panca Marga diharapkan dapat menjadi pilar dalam mendukung tugas pokok TNI guna menjaga dan mempertahankan integritas bangsa serta kedaulatan NKRI. Komitmen Pemuda Panca Marga untuk mempertahankan NKRI harus menjadi kesadaran yang melekat dalam dada dan sanubari seluruh warganya, sebagaimana telah menjadi komitmen para veteran pejuang bangsa, para orang tua, dan generasi terdahulu yang jiwa raganya sepenuhnya dibaktikan untuk membela kemerdekaan bangsa dan negara, demikian harap Pangdam.

Disinilah kelebihan Pemuda Panca Marga dari organisasi kepemudaan lainnya, bahwa ia lahir dan dibesarkan untuk membina kualitas pemuda yang mandiri, berwawasan kebangsaan, berjiwa patriot, cinta tanah air dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara. Berkaitan dengan itu, saya mengharapkan keberadaan Pemuda Panca Marga benar-benar bisa memberikan kontribusi yang berarti bagi kemajuan pemuda pada umumnya serta lingkungan masyarakat di sekitarnya dengan lebih mengedepankan program-program organisasi yang tidak saja bersentuhan dengan kebutuhan pengembangan kualitas kepemudaan, tetapi juga kepeduliannya terhadap kebutuhan masyarakat serta komitmennya kepada bangsa dan negara.

Hadir pada acara tersebut diantaranya Menteri Pemuda dan Olah Raga, Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ketua LVRI Provinsi Jawa Barat, Muspida dan para sesepuh, tokoh masyarakat, tokoh agama serta tokoh pemuda. (Pendam 3/Dispenad)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s