Bentrokan Mengintai, Dua Kelompok Berlawanan Demo Century

Senin, 18 Januari 2010 | 13:24 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta – Dua kelompok aksi massa yang mengusung isu berbeda diperkirakan akan saling berhadapan. Massa aksi yang mengusung isu pengusutan kasus Bank Century akan bertemu dengan ratusan pemuda panca marga yang siang ini sedang mengepung Bundaran Hotel Indonesia Kempinski.

Berdasarkan pantauan Tempo, ratusan Pemuda Panca Marga datang dari seluruh wilayah Jakarta sejak pukul 11.30 WIB dengan menggunakan seragam loreng dan baret hijau. Sebagian massa aksi tampak membawa pisau, adapula yang membawa senjata jenis FN.

Ketua Umum Pemuda Panca Marga, Erdin Odang menjelaskan, aksi damai mereka gelar lantaran banyaknya kritik yang dilontarkan segelintir orang tentang pengusutan Bank Century yang saat ini sedang ditangani Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia melalui mekanisme Panitia Khusus.

Menurut Erdin, kritik itu secara tidak langsung telah menggerogoti legitimasi pemerintah yang dipimpin Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono. Ia khawatir kritik tersebut akan ditanggapi masyarakat dengan cara yang berbeda. “Ini memprovokasi rakyat. Pemahaman Rakyat kita sebagian besar masih dibawah rata-rata,” ujarnya.

Untuk itu, PPM menyatakan sikap mendukung pemerintahan SBY. PPM juga siap mempertaruhkan jiwa dan raga untuk menghadapi orang-orang yang mereka anggap mengacau integritas bangsa. “Kami akan berjuang sampai tetes darah penghabisan untuk membela kepentingan bangsa dan negara,” ujar Erdin.

Erdin menjelaskan aksi yang sama saat ini juga sedang digelar oleh ribuan Pemuda Panca Marga yang tersebar di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Ia mengaku telah mengeluarkan intruksi bagi seluruh anggotanya untuk ikut merespon isu Bank Century secara serentak.

Hingga berita ini diturunkan, ratusan PPM baru saja meninggalkan Bundaran HI. Mereka bergerak menuju Istana Negara untuk menghadapi ratusan demonstran yang baru saja menduduki Istana Negara. “Ayo buruan! orangnya udah ada di Istana,” ujar salah seorang demonstran.

RIKY FERDIANTO

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s